Benda Pusaka Bertuah Di Indonesia, Nomor 8 Bisa Untuk Laku Jual Beli Tanah

Mediapriangan.com - Kebanyakan orang Indonesia lebih percaya dengan kekuatan sebuah benda, sehingga benda tersebut harus dijaga, dirawat, dan dipelihara. Seperti pada benda pusaka keramat yang masih disimpan dan selalu dijaga dengan baik.

Kebanyakan dari mereka juga percaya bahwa benda yang dijaga itu memiliki efek tertentu untuk kehidupan. Benda itu dianggap keramat dan biasanya berasal dari warisan nenek moyang atau masa lalu, yang masih dijaga sampai saat ini.

Benda Pusaka Keramat yang Ada di Indonesia

Inilah jenis-jenis benda yang dianggap keramat di Indonesia, dan sedikit cerita sejarahnya yang perlu kamu ketahui:

1. Keris

Ada banyak nama dari benda pusaka yang satu ini, salah satu nama yang populernya di Indonesia yaitu keris. Keris merupakan jenis benda keramat yang memiliki bahan campuran dan dipercaya bisa dihuni oleh para makhluk gaib.

2. Mandau

Pertikaian yang terjadi antara beberapa suku yang ada di Kalimantan biasanya akan memakai mandau. Benda pusaka keramat ini juga memiliki kekuatan magis dan mampu dikendalikan, serta bisa mencari mangsa sendiri sesuai dengan yang diinginkannya.

Mandau yang dianggap keramat adalah mandau yang sudah memenggal kepala manusia dengan jumlah ratusan.

3. Rencong

Senjata utama yang biasanya digunakan oleh masyarakat Aceh adalah Rencong, dan benda ini digunakan di zaman penjajahan untuk melawan para penjajah. Semakin tua umur rencong tersebut, maka akan semakin keramat juga nilai dari benda tersebut.

4. Kelewang

Sama dengan jenis senjata atau benda keramat lainnya, kelewang yang banyak menghabisi nyawa manusia akan dianggap sebagai benda keramat. Pada zaman dahulu, kelewang dipakai dalam pertempuran atau pertarungan.

Namun sekarang ini kelewang lebih dikenal dengan nama parang, yang juga dianggap sebagai salah satu benda pusaka yang dikeramatkan di Indonesia.

5. Badik

Senjata yang satu ini sudah ada sejak awal zaman kerajaan yang ada di Sulawesi. Semakin tua usia dari benda yang disebut badik ini, maka akan semakin tinggi juga nilai keramatnya. Selain itu, senjata badik juga dipakai sebagai pelindung oleh masyarakat di Sulawesi.

6. Kujang

Benda pusaka orang-orang Sunda dari zaman dahulu disebut dengan kujang. Senjata tradisional dari tanah Sunda ini, juga sering dianggap sebagai benda keramat. 

Kujang juga pernah menjadi sumber kehidupan sejumlah masyarakat di Indonesia, yang berprofesi sebagai petani. Namun, kini benda pusaka yang satu ini hanya menjadi pajangan saja untuk mengenang perjuangan dari para pendahulu.

7. Taring Harimau

Membawa dan menaruh taring harimau pada jempol kaki kanan/kiri, telah dipercaya sebagai kekuatan pada orang tersebut untuk bisa lari dengan cepat seperti harimau. Perumpamaannya, perjalanan dari Jakarta menuju ke Bogor hanya 10 menit saja.

8. Kulit Kerbau

Benda pusaka lainnya yang juga dianggap sebagai keramat adalah kulit kerbau. Benda ini dipercaya bisa memudahkan proses dalam hal jual beli barang khususnya dalam jual beli tanah. 

Potongan kulitnya akan disimpan di dalam tabung yang ukurannya kecil, dan bisa dimasukkan ke dalam saku.

Benda pusaka keramat di Indonesia mungkin berbeda dengan benda-benda pusaka dari luar negeri. Masing-masing benda tersebut juga punya cerita sejarahnya masing-masing, dan makna di balik pemakaiannya.*