Desain Perumahan Minimalis, Kecil Sederhana Namun Nyaman Untuk Dihuni

Mediapriangan.com - Memiliki rumah yang nyaman dihuni adalah impian semua orang. Saat ini sedang trend pembangunan rumah minimalis. Beragam desain perumahan minimalis bisa jadi gambaran untuk kamu yang berniat membangun atau membeli rumah impian bersama keluarga. 

Memiliki rumah minimalis akan membuat kamu lebih mudah dalam banyak hal, mulai dari biaya pengeluaran, hingga perawatan rumah itu sendiri. Apalagi jika budget kamu sangat terbatas, kamu bisa memilih desain rumah kecil sederhana namun sangat nyaman untuk dihuni. 

Pilihan Desain Perumahan Minimalis Berbagai Tipe

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, mungkin akan sulit untuk membeli desain rumah mewah nan besar. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bisa membeli rumah hunian yang tetap bagus dengan desain minimalis nan sederhana. 

Berikut ini ada beberapa referensi desain perumahan minimalis untuk kamu, yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli atau membangun rumah impian: 

1. Desain Rumah Luas 45 M2 

Desain rumah dengan luas rumah 45 meter persegi ini, cocok untuk kamu yang hanya butuh dua kamar dalam satu rumah. Pada bagian depan, kamu bisa menyisakan ruang garasi untuk satu buah mobil dan motor. 

Ruang tamu akan dibangun di depan kamar pertama, sedangkan kamar kedua akan berada di belakang ruang tamu. Dalam desain ini, terdapat dapur minimalis dengan ruang makan yang tergabung di dalamnya. Satu taman kecil di belakang rumah juga masih bisa kamu bangun. 

2. Rumah dengan Luas 36 M2 

Sedikit lebih minimalis dari desain sebelumnya, rumah tipe ini merupakan tipe yang paling umum digunakan pada kawasan perumahan Indonesia. Desain rumah tipe ini juga memiliki jumlah kamar dua buah saja. Pada bagian depan bisa kamu jadikan garasi motor atau mobil. 

Namun pada bagian belakang, tidak bisa dibangun taman rumah kecil. Ruang tamu akan dibuat sedikit lebih luas. Pada bagian belakang berisi dapur dan kamar mandi umum. Pada setiap kamar bisa disediakan kamar mandi pribadi. 

3. Rumah Tipe 21

Desain rumah kali ini memiliki luas 21 m2 . Rumah tipe ini didesain jauh lebih minimalis dari dua pilihan desain rumah sebelumnya. Desain perumahan minimalis yang satu ini hanya berisi satu kamar tidur saja, namun bisa ditempati untuk dua orang. 

Selain itu, ada ruang tamu yang memiliki penghubung langsung dengan ruang dapur. Tidak ada ruang keluarga atau ruang makan khusus. Pada bagian belakang dekat dapur, terdapat satu ruang kamar mandi. 

Sekilas desain ini mungkin tampak sempit. Namun dengan pemilihan furnitur dan penataan interior rumah yang tepat, maka desain rumah ini akan terlihat lebih luas. 

4. Rumah Sederhana Tipe 54

Tampil lebih luas dari tiga desain rumah di atas, desain rumah minimalis yang satu ini punya 3 kamar pribadi. Desain rumahnya adalah bertingkat atau dua lantai. Pada lantai dasar, terdapat ruang tamu, dua kamar tidur, dan dapur. 

Sedangkan pada lantai dua, terdapat satu kamar tidur dengan ruang santai ekstra. Pada tiap kamar, terdapat kamar mandi dalamnya. Bagian depan rumah juga masih bisa dipakai untuk garasi satu mobil dan motor serta latar rumah meski tidak seberapa luas. 

Dari berbagai pilihan desain perumahan minimalis di atas, kamu bisa mulai memikirkan mana desain rumah yang paling menggambarkan kebutuhan hunianmu. Nah, yang terpenting saat memilih, perhatikan kebutuhan ruang selama kamu menempatinya. 

Dengan begitu, maka kedepannya kamu tidak perlu melakukan renovasi dan penambahan luas lahan lagi. Pastikan kamu juga menyesuaikan dengan budget yang ada. 

Tags :

Inspirasi