Hari Dermaga Nasional 2022, Mengingat Kembali Arti Pentingnya Bagi Perekonomian Bangsa

Mediapriangan.com -  Tanggal 17 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Dermaga Nasional, meski banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui perayaan hari besar ini. 

Maka momentum Hari Dermaga Nasional 2022 ini diperingati, tentunya dengan tujuan untuk mengingat kembali arti pertingnya dermaga terutama bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Indonesia sebagai negara maritim dengan kekayaan laut berlimpah, menjadikan dermaga sebagai sarana transportasi bagi sebagian penduduk sejak beberapa abad lalu.

Banyak kapal-kapal yang berlabuh di dermaga untuk melakukan berbagai aktivitas ekonomi dan pariwisata. Dermaga ini memiliki peranan penting bagi kegiatan transportasi laut di Indonesia.

Baca juga: Diawali Dengan Tanggal Merah, Bulan Juni 2022 Ada Berapa Hari Libur Nasional?

Tapi masih banyak orang yang bingung tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis dermaga yang ada di Indonesia. Dikutip dari berbagi sumber  berikut ini penjelasannya.

1. Pengertian dermaga

Dilansir KBBI, dermaga merupakan tembok rendah yang memanjang di tepi pantai menjorok ke laut di kawasan pelabuhan, tempat dimana kapal ditambatkan di pelabuhan. 

Dermaga adalah juga tempat berlangsungnya kegiatan bongkar muat barang dan naik turunnya orang atau penumpang dari dan ke atas kapal.

Baca juga: Daftar Hari Besar Nasional Dan Internasional Juni 2022, Ada Berapa Tanggal Merah?

2. Fungsi dermaga 

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Permenhub) Nomor PM 51 Tahun 2015, fungsi dermaga adalah bongkar muat barang, terminal tempat kapal berlabuh, tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, tempat perpindahan intra-dan antarmoda transportasi.

Selain itu, yang paling utama fungsi dibangunnya dermaga untuk menjaga kelancaran, keselamatan, ketertiban setiap kegiatan yang ada di pelabuhan.

Baca juga: Hari Donor Darah Sedunia 2022, Bentuk Apresiasi Bagi Para Pendonor Darah

3. Jenis-jenis dermaga

Jenis-jenis dermaga ada dua kelompok, yakni dermaga laut dan pantai. Dermaga laut digunakan untuk tempat bersandarnya kapal-kapal yang melakukan perjalanan lintas samudra atau kapal asing.

Dermaga pantai atau pelabuhan biasanya digunakan untuk tempat bersandarnya kapal-kapal lokal, kegiatan ekonomi, atau pariwisata. Selain itu, terdapat tiga jenis dermaga berdasarkan strukturnya.*

Baca juga: Rektor Unsil Tasikmalaya: Laut Merupakan Aset Ekonomi Terbesar Di Bumi