Pahami Cara Merawat Baterai Laptop, Agar Awet dan Tidak Cepat Drop


Mediapriangan.com - Era digital saat ini, laptop merupakan salah satu perangkat penting sebagai penunjang berbagai aktivitas. Selain memiliki multifungsi, laptop sangat praktis digunakan secara mobile. Sehingga sampai saat ini keberadaan laptop belum bisa digantikan perangkat lain.

Untuk menunjang semua kegiatan dari laptop, biasanya selain ngeliat spesifikasi dari laptop tersebut, daya tahan baterai juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah laptop

Baterai laptop drop dan tidak awet, merupakan kejadian yang sering dialami oleh pengguna laptop. Pola penggunaan laptop menjadi faktor utama penyebab baterai drop dan tidak awet.

Baca juga: Murah Dan Keren, Asus Vivobook 14 A416 Laptop Tepat Untuk PJJ Dan WFH

Untuk menjaga baterai laptop tetap awet, berikut 8 tips cara merawatnya.

1. Laptop baru 

Untuk laptop yang masih baru atau pertama kali pemakaian, cas baterai selama 8 jam atau sampai penuh. Hal ini untuk penyesuaian baterai yang lama tidak di cas. Saat anda membeli laptop baru, biasanya sales menyarankan untuk melakukan charging dalam waktu yang panjang. Alasan tidak lain adalah untuk penyesuaikan kondisi baterai.

2. Jangan gunakan laptop saat pengisian baterai

Hindari penggunaan laptop ketika sedang dicas. Walaupun hal tersebut kelihatannya sepele, tapi sebaiknya hindari kebiasaan itu. Karena pada saat menggunakan laptop yang sedang dicas, baterai laptop cepat panas dan drop. 

Baca juga: Vivo Y21 Harga Terjangkau, Dengan Teknologi Extended RAM Hingga 1GB

3. Jangan menunggu baterai habis (0%)

Di saat anda sedang menggunakan laptop Jangan sampai baterai habis total. Ada baiknya Anda mengecas ketika kapasitas baterai masih sekitar 60%-75%, dengan cara ini Anda bisa mengisi full dalam waktu yang singkat. Beda jika baterai habis total, butuh waktu lama untuk mengisi ulangnya.

4. Pakai charger original

Charger original akan memasok daya dengan kapasitas yang sama sesuai standar pabrikan. Jika kamu menggunakan charger yang tidak asli  akan memasok daya listrik yang lebih besar dari standar. Asupan daya listrik yang lebih besar bisa merusak laptop dan baterai laptopmu.

5. Tutup aplikasi tidak digunakan

Banyak aplikasi yang sebenarnya menyedot  resource CPU namun tidak kita sadari. Aplikasi tersebut tentunya turut menyedot daya baterai sehingga cepat habis. Gunakan Windows Task Manager untuk mengetahuinya, kemudian tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Baca juga: Fakta Tentang Realme Narzo 50 5G, Performa Terbaik Dengan Harga Kompetitif

6. Lepaskan baterai jika sedang menggunakan power listrik

Sebaiknya lepaskan baterai dan hanya gunakan adaptor saja saat kita akan bekerja dengan laptop dalam jangka waktu yang lama. Hal ini untuk menghindari kerusakan baterai laptop karena terjadinya panas berlebih yang disebabkan adanya aliran listrik pada laptop tersebut.

7. Aktifkan Mode Power Saver

Fitur penghematan baterai ini sudah tersedia pada berbagai jenis laptop. Dengan fitur ini dapat memperpanjang masa pakai baterai dan menghemat daya saat dalam keadaan kritis.

8. Cabut charge saat pengisian baterai sudah 100%

Membiarkan arus listrik terus mengaliri saat baterai sudah full, dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, agar baterai laptop tetap awet, hindarilah mengisi daya saat kamu sedang tidur dan bepergian.*

Baca juga: Cara Mengganti Background Zoom Meeting Di Android, IPhone Dan Laptop