Tips Agar Rumah Minimalis Type 36 Terkesan Mewah dan Terlihat Luas

Mediapriangan.com -  Keterbatasan lahan membuat rumah type 36 yang paling banyak dibangun oleh pengembang perumahan saat ini. Namun ternyata rumah type 36 paling banyak  diminati konsumen, terutama keluarga yang baru saja menikah, ataupun baru punya anak. 

Banyak yang beranggapan memiliki rumah type 36 artinya tidak bisa memiliki hunian yang mewah, karena ukurannya yang sangat kecil. Padahal, dengan penataan dan rancangan yang tepat, hanya dengan modal hunian seluas 36 meter persegi, sudah bisa mewujudkan rumah minimalis type 36 yang mewah.

1. Pemainan level pada type 36

Rumah minimalis terkesan tidak dapat terlihat menarik dan megah bagi sebagian orang. Ternyata, hal itu dapat menyiasati fasad rumah dengan bermain pada ketinggian level bangunan dengan memberikan efek visual agar terlihat seperti dua lantai.

Ketinggian fasad yang dimiliki bangunan rumah minimalis bisa dimanfaatkan untuk mengambil kesan hunian yang memiliki ruangan lebih luas serta mengangkat udara disetiap ruangannya menjadi jauh lebih nyaman. 

2. Hindari pemilihan warna gelap pada interior

Salah satu trik untuk membuat ruangan mungil pada hunian minimalis agar tidak terasa sesak dengan tidak mengaplikasikan warna-warna gelap baik pada dinding, lantai, maupun plafond ruangan. Pasalnya, warna terang pada setiap ruangan cenderung akan memberikan efek leluasa dan terkesan lebih mewah.

Selain warna gelap, hindari juga penggunaan pola-pola besar dan berlebihan seperti pada wallpaper dan karpet pada ruangan yang sederhana karena akan memberikan kesan sempit. Pemilihan wallpaper dinding baiknya senada dengan karpet yang didominasi dengan warna netral atau polos.

3. Pencahayaan yang maksimal

Berikut ini merupakan salah satu cara lainnya yakni memberikan pencahayaan yang maksimal agar membuat ruangan terkesan lebih luas dan mewah. Hal ini penting untuk membantu sirkulasi udara pada setiap ruangan berukuran mungil tersebut.

Terkadang, keterbatasan lahan yang ada menjadi kendala untuk memanfaatkan bukaan vertikal yang umumnya pada bagian dinding akibat rumah yang saling berhimpitan. Untuk itu, jangan ragu untuk memanfaatkan skylight agar mendapatkan tambahan cahaya dari atas ruangan.

4. Ceiling tinggi beri kesan luas dan mewah

Berkaitan dengan poin pertama, menaikkan ketinggian ceiling atau langit-langit pada ruangan akan memberikan kesan luas dan mewah. Ruang-ruang yang terbuka tanpa sekat adalah pilihan ruangan paling pas untuk mengaplikasikan langit-langit ruang yang tinggi.

Apabila terdapat ruangan yang terbilang sempit, tidak diharuskan mengaplikasikan hal tersebut karena akan membuat ruangan tidak terasa proporsional.

5. Tambahkan dekoratif mewah

Meskipun hunian minimalis memiliki ruangan yang sangat terbatas, bukan berarti tidak bisa berkreasi dengan material atau dekorasi-dekorasi yang mewah. Aplikasikan elemen dekoratif yang tidak akan memakan ruang seperti lukisan, jam dinding, atau poster kanvas.

Lampu kristal sederhana pada ruang-ruang utama dengan ceiling yang sudah ditinggikan juga dapat diaplikasikan. Adanya elemen dekoratif pada ruang tamu kecil dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terkesan lebih mewah serta menarik.*