Tips Merawat Lemari Es Agar Awet, Ini Dia 10 Panduan Yang Benar

Mediapriangan.com -  Lemari pendingin atau kulkas, alat yang satu ini memiliki kegunaan yang cukup banyak untuk kehidupan sehari-hari, terutama untuk menyimpan makanan dan sayuran agar tahan lama. Sayangnya, kerap sekali ditemukan kulkas yang cepat rusak.

Padahal jika dirawat dengan baik, kulkas bisa tahan lama dan awet.  Tentu cara merawat kulkas harus benar. Tidak boleh asal-asalan. Nah bagaimana dengan cara merawat kulkas yang selama ini kamu lakukan, sudah benarkah? Berikut ini 10 panduan merawat kulkas yang benar. 

1. Mengisi Kulkas Secukupnya

Isilah kulkas dengan makanan dan minuman secukupnya, agar beban dalam kulkas ringan. Apalagi barang yang memiliki berat seperti botol air, bisa membuat wadah menjadi pecah dan rusak bila terlalu penuh.

 2. Hindari Menyimpan Makanan yang Masih Panas

Makanan dan minuman yang masih panas bila di simpan di dalam kulkas akan membuat pertemuan suhu panas dan dingin yang menyebakan kulkas menjadi rusak. Tunggulah sampai benar-benar dingin dan setelah dingin baru masukanlah kedalam kulkas.

3. Bersihkan Kulkas Menggunakan Air

Bersihkan kulkas menggunakan air dan dicampur sabun anti septik, untuk menghilangkan noda berkarat dan bau. Gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk membersihkannya.

4. Kulkas Harus Tertutup Rapat

Kulkas harus tertutup rapat supaya hemat listrik dan juga membuat makanan dan minuman lebih dingin. Kotoran yang tertiup angin juga tidak masuk dan mencemari makanan yang ada di dalam kulkas.

Baca juga: Solusi Menjadi Lebih Produktif, Mewujudkan Suasana Impian Dalam Rumah

5. Jauhkan Kulkas Dari Panas

Jauhkan kulkas dari  panas seperti kompor, karena panas yang di hasilkan oleh kompor bertemu dengan suhu dingin pada kulkas akan menyebabkan kulkas menjadi rusak.

6. Berilah Ruang Antara Kulkas Dengan Dinding

Berilah ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok minimal jaraknya 15-20 cm. Karena hawa kondesor yang panas membutuhkan celah dan ruang.

Baca juga: Polytron Belleza Varia, Kulkas Cantik Jadikan Dapur Anda Pusat Perhatian

7. Bersihkan Kondesor

Bersihkan kondensor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran. Bila sering membersihkan kondesor  proses pembuangan hawa panas tidak terhalangi.

8. Biasakan Membersihkan Bagian Freezer

Biasakan membersihkan bagian freezer yang sudah mengeras supaya suhu kulkas terjaga. Jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.

9. Aturlah Suhu Kulkas 

Aturlah suhu kulkas menurut kebutuhan karena kalau suhu kulkas rendah bila kita menaruh ikan atau ayam kulkas akan menjadi bau.

Baca juga: Trik Merawat Kompor Gas Agar Tetap Awet, Yang Ke-3 Api Tetap Biru


Tags :

Tips kulkas