Trik Merawat Kompor Gas Agar Tetap Awet, Yang Ke-3 Api Tetap Biru

Mediapriangan.com - Kompor gas saat ini merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib ada di rumah. Hampir semua masyarakat sudah menggunakan kompor gas sebagai alat masak. Selain higienis, juga sangat praktis digunakan. 

Namun kompor gas yang sering digunakan tentu akan berkurang kualitasnya bahkan tak jarang kompor gas belum lama terpakai bisa saja mengalami kerusakan. Hal itu karena kompor jarang dirawat atau belum tahu trik merawatnya yang tepat.

Cara merawat kompor gas tidak cukup membersihkannya saja, meski kebersihan kompor gas jangan dianggap remeh. Membersihkan kompor tidaklah sulit untuk dilakukan, bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Tinggal bagaimana triknya sehingga membersihkan kompor jadi lebih maksimal, sehingga kualitas kompor tetap terjaga, dan aman untuk tetap digunakan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kebersihan kompor gas:

1. Bersihkan bagian atas kompor 

Biasakan untuk segera membersihkan kompor gas dan sekitarnya setelah selesai memasak. Biasanya setelah memasak akan ada bahan-bahan yang tercecer dan cipratan minyak di sekitar kompor. 

Hal ini kalau dibiarkan akan mudah menjadi karat, terutama pada kompor yang bagiaan atas terbuat dari bahan selain kaca.

2. Bersihkan bagian bawah tungku kompor.

Membersihkan bagian ini sering dilewatkan, bahkan dibiarkan kotoran mengendap berlama-lama. Mungkin Anda merasa malas untuk membersihkan bagian bawah tungku kompor gas, karena sedikit repot dan harus angkat-angkat kompornya. 

Namun hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat bagian bawah kompor menjadi sarang kotoran dan noda-noda yang akan menjadi karat. Lebih baik pekerjaan ini dilakukan dengan mencabut regulator terlebih dahulu biar lebih aman.

3. Bersihkan bagian gerigi lubang api (Burner)

Gerigi lubang api (Burner) adalah bagian besi tempat keluarnya api. Jika api yang keluar berwarna merah, bisa dipastikan lubang apinya tersumbat kotoran-kotoran. 

Anda bisa membersihkan lubang ini dengan bantuan jarum dan sikat plastik secara perlahan dan menyeluruh. Membersihkan burner yang kotor agar pijar api merata secara melingkar dan berwarna biru.

4. Bersihkan selang penghubung 

Komponen ini juga penting dijaga kebersihannya untuk mempelancar keluarnya sumber api. Anda bisa membersihkan bagian ini dengan cara dilepas terlebih dahulu kemudian dibersihkan bagian ujungnya dari kotoran-kotoran yang menyumbat. 

Pastikan selang juga sudah terlepas dari regulator. 

5. Cek Regulator

Cek kelayakan regulator secara berkala, untuk memastikan aliran gas dari tabung gas ke kompor berjalan normal dan tidak bocor. Pastikan regulator terlepas dari tabung gas saat pengecekan.*