Hari Lahir Pancasila 2022 Dipusatkan di Ende, Keistimewaan Ini Alasannya

Mediapriangan.com - Hal pertama yang selalu orang lakukan ketika ingin berlibur adalah menentukan tempat wisata yang menarik. Di Indonesia sendiri memang sudah banyak tempat wisata yang melibatkan para pengusaha muda untuk mengelolanya. Salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ialah Ende

Ende semakin populer setelah pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dipusatkan di Ende. Selain kehadiran Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur pada Upacara Kenegaraan pada Rabu 1 Juni 2022, juga beberapa agenda presiden yang menjadi perhatian rakyat Indonesia.

Baca juga: Deretan 30 Kalimat Untuk Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2022

Dipilihnya Ende bukan tanpa alasan, Ende menjadi tempat Presiden ke-1 RI Soekarno untuk merenungkan dasar-dasar negara yang kelak akan dia pimpin. Selain itu, Bung Karno sendiri menilai Ende adalah miniaturnya Indonesia.

Tidak hanya karena Ende menjadi pusat pelaksanaan Hari Lahir Pancasila 2022 saja, namun Ende menjadi destinasi wisata yang mempunyai nilai sejarah, budaya, sekaligus keindahan alam. 

Baca juga: Media Digital Memiliki Peran Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata


1. Ende Sebagai Kota Bersejarah bagi Perjuangan Indonesia

Ende menawarkan berbagai objek wisata dalam berbagai kategori. Mungkin kamu penasaran mengapa Ende menjadi objek wisata sejarah. Kembali kepada zaman ketika presiden pertama Indonesia memperjuangkan kemerdekaan ini, kamu pasti ingat tentang pengasingan Presiden Soekarno.

Kabupaten Ende turut menyimpan sejarah perjuangan Indonesia, karena kota ini menjadi tempat pengasingan bagi Presiden Soekarno beserta istrinya yang bernama Inggit Garnasih sejak tahun 1934 hingga 1938. 

Baca juga: Pembatasan Mulai Dilonggarkan, Bali Bakal Kembali Diserbu Wisatawan

Peralatan rumah tangga yang Bung Karno gunakan selama proses pengasingan ini masih tersimpan dengan baik. Bahkan sumur yang ada di belakang rumah pun masih berfungsi. Hal ini membuktikan bahwa upaya pelestarian situs sejarah ini memang berjalan dengan baik.  

Latar belakang pengasingan ini adalah Hindia Belanda menganggap kegiatan politik Bung Karno akan membahayakan pemerintah Hindia Belanda saat itu. Untuk mengenang perjuangan beliau, pemerintah menjadikan rumah pengasingan tersebut sebagai situs sejarah untuk menarik wisatawan.

Baca juga: Legenda Gunung Tangkuban Perahu, Dulu Penuh Cerita Kini Tempat Wisata


2. Wisata Alam di Danau Kelimutu dan Gunung Meja

Selain destinasi wisata bersejarah, kamu juga bisa menikmati wisata alam di Danau Kelimutu. Banyak orang yang menjulukinya sebagai Danau Telaga Tiga Warna, karena ketiga danau ini memiliki warna berbeda dan masing-masing mampu berubah warna. 

Perubahan warna ini dapat terjadi setiap saat karena aktivitas vulkanik di dasar danau kawah tersebut sehingga komposisi material atau gas di dasar danau perubahan. Keunikan danau ini mengundang banyak wisatawan maupun ilmuwan untuk melakukan penelitian pada fenomena unik tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Instagramable Untuk Libur Lebaran 2022

Ada lagi objek wisata alam yang menjadi ikon Kabupaten Ende karena bentuknya yang unik. Gunung Meja ini bisa kamu jadikan referensi destinasi wisata. Gunung Meja memiliki puncak yang datar persis seperti meja. 

Tetapi bentuk puncak datar dari gunung ini bukan terjadi secara alami. Gunung Meja mempunyai bentuk datar karena pemda setempat memotong puncak gunung sedemikian rupa, untuk menghindari gangguan proses keberangkatan atau pendaratan pesawat dari Bandara Haji Hassan Aroeboesman.

Baca juga: Menikmati Pesona Alam Tasikmalaya Cocok Untuk Libur Lebaran 2022


3. Kampung Adat

Berwisata tak hanya dapat memberikan kesenangan tetapi juga dapat menambah pelajaran baru. Kamu pun bisa memperkaya pengalaman ketika berkunjung ke Ende. Berinteraksi dengan masyarakat Ende yang masih lekat dengan budaya tradisionalnya dapat menambah pengalaman baru. 

Kampung adat yang banyak mengundang para wisatawan untuk datang dan mengenal budaya masyarakat Ende ini harus masuk dalam daftar objek wisata yang kamu singgahi nanti. Kampung Adat Wologai dan Kampung Tradisional Saga adalah contoh kampung adat yang memiliki atraksi menarik. 

Baca juga: Coba 20 Link Download Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022 Terbaru Ini, Keren

Masih banyak lagi objek wisata yang perlu kamu eksplore ketika datang ke Kabupaten Ende. Terbukanya tempat-tempat wisata ini mendorong para pengusaha muda untuk membuka usaha di bidang transportasi, kuliner, tour guide, penginapan, dan sebagainya.*

Baca juga: Daftar Hari Besar Nasional Dan Internasional Juni 2022, Ada Berapa Tanggal Merah?